Kamis, 16 Januari 2014

Tugas Berita Jurnalistik



Rendahnya Motivasi Belajar, Guru Optimalkan Strategi Pembelajaran

Singaraja, 11 November 2013
          Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik, membimbing dan memotifasi siswanya dalam belajar. Siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam belajar. Keberhasilan belajar siswa ditunjang oleh kemampuan seorang guru. Penerapan strategi yang tepat akan meningkatkan keberhasilan belajar siswa.
          Siswa harus memiliki motivasi belajar sendiri. Rendahnya motivasi belajar siswa akan menyulitkan guru untuk menciptakan kelas yang kondusif. Guru lebih mengoptimalkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu sekolah yang siswanya masih memiliki motivasi belajar yang rendah adalah SD N 1 Banjar Tegal khususnya kelas IV pada tahun ajaran 2013-2014.
          Siswa kelas IV disekolah ini sebagian besar mengalami masalah pada saat pembelajaran. Kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang antusias mengikuti pembelajaran, sering tidak mengerjakan Tugas, tidak bisa membaca dengan jelas, baik dan lancar. Minimnya motivasi belajar pada siswa, guru berupaya untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran, selain strategi, guru juga mengoptimalkan metode yang digunakan pada proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Wali kelas IV (Ni Made Wiwik Andini) mengatakan bahwa siswa-siswi kelas IV memang benar mengalami kesulitan belajar di setiap menerima mata pelajaran di kelas. Tidak hanya wali kelas IV saja yang mengatakan demikian, tetapi juga guru bidang studi yang lain seperti Agama dan Bahasa Bali.
          Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa tidak mampu untuk mengikuti pembelajaran disebabkan karena beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri, faktor eksternal berasal dari luar (lingkungan rumah, dan lingkungan sekolah), pergaulan siswa dan peranan orang tua. Strategi pembelajaran yang digunakan guru, dengan mencoba atau merubah metode, dengan metode talking stik, media gambar, dengan media tersebut akan dapat memberikan dorongan atau motivasi kepada siswa, yang akan membuat siswa lebih senang mengikuti pelajaran. Para guru harus mampu mengembangkan strategi pembelajaran. Sarana prasarana mesti di sediakan di sekolah agar dapat mendukung siswa dalam belajar. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa yang mengakibatkan rendahnya motivasi belajar dapat dicarikan solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg baik,,adalah dia yg memberikan kritik dan saran yg sifatnx membangun guna kesempurnaan bloger,,,Thanks...