Kamis, 16 Januari 2014

Tugas artikel jurnalistik



PENDIDIKAN AGAMA MENGURANGI KENAKALAN REMAJA USIA SEKOLAH

          Agama Hindu tidak hanya diterapkan pada sekolah saja, tetapi diterapkan pula di luar sekolah. Jika dilihat pada dewasa ini pengaruh globalisasi sangat mempengaruhi berbagai aspek sosial. Salah satunya perkembangan remaja bisa ke arah positif maupun ke arah negatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja ke arah positif yaitu memanfaatkan internet sebagai tempat mencari informasi, handphone sebagai alat untuk berkomunikasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja ke arah negatif yaitu pergaulan bebas, penggunaan internet dan handphone yang semestinya berfungsi sebagai alat komunikasi dan informasi dalam segala aspek yang menyangkut tentang pendidikan. Khususnya dalam mencari tugas-tugas sekolah dan mencari hal-hal yang tidak bertentangan dengan agama seperti men-download lagu, games, films dan lain-lain.
          Sisi lain masih banyak remaja yang mengabaikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada ajaran Tri Kaya Parisudha ditekankan setiap orang semestinya berpikir, berkata dan berbuat yang baik. Namun sebaiknya banyak remaja yang berkata, berbuat dan berpikir yang tidak baik dalam artian para remaja berkata dan berbuat tanpa berpikir terlebih dahulu. Inilah yang menyebabkan para remaja mengalami banyak masalah dan konflik seperti tawuran atau pertengkaran. Hal-hal inilah yang harus dipikirkan dan direnungkan agar kenakalan-kenakalan remaja bisa diminimalisir melalui pendidikan agama.
          Contohnya: di dalam keluarga orang tua harus memperhatikan dan membimbing anaknya ke arah lebih religius dan menerapkan pendidikan agama dirumah. Lingkungan juga akan mempengaruhi perkembangan remaja. Seharusnya masyarakat bisa lebih memperhatikan tindakan remaja yang negatif ke arah yang positif. Sekolah menjadi sarana yang sangat penting untuk meminimalisir kenakalan remaja. Hal ini disebabkan karena di sekolah sudah disediakan berbagai fasilitas yang positif untuk menyalurkan bakat-bakat remaja yang diimbangi dengan pendidikan akademik seperti halnya dengan pendidikan agama. Maka dari itu pendidikan agama sangat berperan penting dalam perkembangan remaja di era globalisasi.


Objektif      :    berdasarkan fakta, tidak memihak. Apa yang diuraikan dalam artikel merupakan fakta yang terjadi sekarang dikalangan remaja di masyarakat. Dan kenakalan remaja itu dapat diminimalisir dengan mengamalkan ajaran agama.
Penokohan :    Generasi muda
Alur            :    maju
Makna      :    Dengan mempelajari agama diharapkan generasi muda mampu meminimalisir kenakalan remaja karena dalam agama sudah diatur apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

1 komentar:

  1. T-Mobile: Power Supply Titanium - T-Mobile
    We titanium flat irons provide premium T-Mobile titanium wedding band sets products, power chi titanium flat irons supply models, battery titanium symbol chargers, and power-retail models with a microtouch titanium trim

    BalasHapus

Komentar yg baik,,adalah dia yg memberikan kritik dan saran yg sifatnx membangun guna kesempurnaan bloger,,,Thanks...